Dari : Situs Alfi Wahasa's Source: Apa Sih Contoh Software Open Source itu !
Ged a Widget
Kamis, 23 Mei 2013

Apa Sih Contoh Software Open Source itu !

Apa sih contoh software open source itu ?, pertanyaan ini sering sekali di pikiran kita. Pertama – tama saya akan menjelaskan apa sih software Open Source itu ?, software yang membebaskan kode sumbernya untuk dilihat oleh orang lain dan membiarkan orang lain mengetahui cara kerja software tersebut dan sekaligus memperbaiki kesalahan atau kekurangan pada software tersebut.

Dan yang menarik ni, salah satu keunggulannya adalah software Open source dapat diperoleh softwarnya secara gratis tanpa perlu membayar lisensi, Pada umumnya orang mendapatkan software ini dari internet tanpa harus punya serial number, crack, dan patch. Dan segi keamanan penggunaan open sofware cukup aman dikarenkan software open source kita dapat melihat semua kode dan sumber dan perintah-perintah pemograman dengan jelas. Kita bisa mengetahui apakah ada kode jahat didalam aplikasi tersebut. Dengan menggunakan open source kita dapat mengurangi tingkat pembajakan software berlisensi yang bisa merugikan vendor software dan merupakan beban moral bagi para pengguna software bajakan (crack). Open source yang bersifat terbuka dan dapat kita pelajari kode sumbernya bisa kita jadikan referensi, khususnya bagi seseorang yang bergelut dengan dunia IT. Tidak mustahil jika ternyata muncul software yang lebih handal daripada software-software berlisensi.

Dan selanjutnya saya akan menjelaskan contoh – contoh software open source.
Berikut ini beberapa contoh software yang bersifat open source dibawah ini :
  1. Linux
       Linux saat ini, bisa digunakan untuk jaringan, pengembangan software, dan untuk pekerjaan sehari-hari. Kebebasan bagi programmer dan administrator jaringan dalam menggunakan linux, adalah kebebasan memperoleh kode sumber (source code) dan mengubahnya sesuai keinginan. Hal ini berimplikasi pada beberapa hal penting, yaitu : keamanan dan dinamika. Karena sifatnya yang kompatible dengan UNIX maka linux dapat berinteraksi dengan sistem operasi lain seperti windows, Macintosh, netware dan lain-lain
  1. Apache
           Apache dikeluarkan oleh NCSA yaitu NCSA HTTPd sekitar tahun 1995, yang merupakan turunan dari web server yang. Pada dasarnya Apache adalah “A PAtCHy” (patch) dan pengganti dari NSCA HTTPd.
  1. Open Office.org

              Mengapa Open office.org merupakan software open source dikarenakan, Open Office.org merupakan perangkat lunak yang termasuk open sorce karena siapapun dapat mengaksess kode sumbernya dan dapat merubah kode sumbernya. OpenOficce.org bisa digunakan dengan sistem operasi windows dan linux.
  1. Mozilla FireFox
          Mozilla Firefox merupakan perangkat lunak open-source yang paling banyak digunakan. Dikarenakan Mozilla termasuk sebuah browser web yang kecil, cepat, dan simpel. Mozilla mempunyai kelemahan yaitu akan crash jika membuka halaman Web yang sangat besar dan memiliki JavaScript, namun hal ini telah diperbaiki. karena Mozilla bersifat open source maka kekurangan seperti diatas dapat diperbaiki dan dikembangkan.
  1. MySql
Aplikasi MySql ini dapat berjalan disemua platform baik Linux maupun Windows, MySQL sendiri merupakan sebuah aplikasi yang bisa dipergunakan untuk membuat database yang bersifat terbuka atau open source. Dan merupakan program pengakses database yang bersifat networking sehingga dapat digunakan untuk aplikasi Multi User (Bisa digunakan oleh banyak Pengguna), MySQLmerupakan aplikasi yang paling populer di kalangan para pengembang bahasa pemrograman PHP dan banyak digunakan untuk situs web, aplikasi web dan layanan online lainnya.
  1. PostgreSQL
PostgreSQL tersedia untuk berbagai macam platform sistem operasi seperti Mac, Windows, Solaris dan juga Linux. PostgreSQL merupakan sebuah aplikasi sistem basis data (database) yang bisa Anda sebarluaskan dan dipergunakan oleh semua pengguna komputer secara bebas menurut perjanjian lisensi BSD. PostgreSQL sendiri menawarkan berbagai macam fitur dan menu yang berguna untuk sebuah pembuatan basis data.Fitur-fitur unggulan yang disediakan dan ditawarkan PostgreSQL antara lain DB Mirror, PGPool, Slony, PGCluster, dan lain-lain.
Sistem basis data pada PostgreSQL merupakan sebuah sistem database yang cukup kuat dari segi keamanan data, aplikasi database open source ini memiliki pengalaman dan juga pengembangan aplikasi lebih dari 15 tahun dan sudah terbukti segala rancangan arsitektur databasenya telah mendapat reputasi yang kuat, handal, integritas data yang baik, serta keakurasian datanya yang baik.


1 komentar:

  1. wah ternyata masih banyak software open source yang saya belum tau..mesti banyak belajar lagi neh. thnaks infonya gan saya juga membahas aplikasi yang open source juga di blog saya

    BalasHapus