Dari : Situs Alfi Wahasa's Source: Apa Sih Open Source itu !!
Ged a Widget
Jumat, 17 Mei 2013

Apa Sih Open Source itu !!

-->
Pasti kita sering kali mendegar tentang open source yang dikatakan oleh orang lain, tetapi kita justru tidak mengerti apa maksud atau arti dari open source tersebut. Maka dari itu saya akan memberitahu kalian mengenai open source. Pertama – tama saya akan menjelaskan kepada anda apa sih open sorce itu ? open source dari kata bahasa inggris yaitu ada open dalam arti buka dan source dalam arti kode, sumber. Dengan maksud kode sumber pemrogramannya terbuka bagi setiap pengguna / user. Tiap orang dapat melihat, mengubah, atau memodifikasi kodenya, mendistribusikannya lagi, dan tanpa harus membayar izin atau lisensi kepada pembuat aplikasinya.
Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang open source software dalam artian program dari open source. Open source software adalah software yang membebaskan kode sumbernya untuk dilihat oleh orang lain dan membiarkan orang lain mengetahui cara kerja software tersebut dan sekaligus memperbaiki kesalahan atau kekurangan pada software tersebut.

Dan yang menarik salah satu keunggulannya adalah Open source software dapat diperoleh softwarnya secara gratis tanpa perlu membayar lisensi, Pada umumnya orang mendapatkan software ini dari internet tanpa harus punya serial number, crack, dan patch. Dan segi keamanan penggunaan open sofware cukup aman dikarenkan software open source kita dapat melihat semua kode dan sumber dan perintah-perintah pemograman dengan jelas. Kita bisa mengetahui apakah ada kode jahat didalam aplikasi tersebut. Dengan menggunakan open source kita dapat mengurangi tingkat pembajakan software berlisensi yang bisa merugikan vendor software dan merupakan beban moral bagi para pengguna software bajakan (crack). Open source yang bersifat terbuka dan dapat kita pelajari kode sumbernya bisa kita jadikan referensi, khususnya bagi seseorang yang bergelut dengan dunia IT. Tidak mustahil jika ternyata muncul software yang lebih handal daripada software-software berlisensi.

Sebagian besar software open source tersedia untuk berbagai jenis sistem operasi (misal Windows dan linux). Meskipun gratis, kemampuan software open source cukup memadai.

Beberapa contoh software open source populer antara lain:
  • Linux : software sistem operasi gratis.
  • Blender : program untuk pembuatan model 3 dimensi, seperti animasi dan game.
  • ClamAV & ClamWin : program antivirus.
  • GIMP : program pengolah foto dan gambar digital.
  • Audacity : program perekam dan pengolah audio.
  • Mozilla Firefox : program untuk menjelajahi halaman web di internet (web browser).
  • OpenOffice : paket program perkantoran untuk mengolah kata, tabel, dan database.
  • VideoLAN : program pemutar file multimedia (audio dan video)
  • XAMPP : paket program untuk simulasi dan pengembangan web, termasuk di dalamnya Apache (web server) dan MySQL (database).
  • osCommerce : program aplikasi web untuk toko online.




0 komentar:

Posting Komentar