Dari : Situs Alfi Wahasa's Source: Apa Ya Kelebihan & Kekurangan menggunakan Open Source itu ???
Ged a Widget
Jumat, 17 Mei 2013

Apa Ya Kelebihan & Kekurangan menggunakan Open Source itu ???


 
Sebelum saya menjelaskan kelebihan dan kekurangan menggunkan open source. Pasti dalam benak pemikiran anda pasti ada sebuah pertanyaan yaitu ada, apa sih manfaat dari open source itu ?. jawabannya adalah didalam manfaat itu pasti ada manfaat yang positif yaitu kelebihannya dan didalam banyak kelebihannya tersebut pasti terselip beberapa kekurangannya.

Pertama – tama saya akan menjelaskan kepada anda apa saja kelebihan menggunkan open source diantaranya:
  1. Open source membebaskan kita dari biaya lisensi karena ia bersifat GNU/GPL (General Public License) yang justru membolehkan kita untuk menggunakan, mempelajari dan memodifikasi serta menyebarluaskan untuk umum. dan kita tidak lagi terikat pada satu vendor Software dan membeli lisensi.
  2. Dengan menggunakan sistem operasi Open Source seperti 3D OS kita tidak perlu membuang waktu lagi berurusan dengan virus komputer.
  3. Keuntungan utama anda menggunakan perangkat lunak open source, karena lebih hemat biaya. Sangat berbeda dengan perangkat lunak komersial yang menarik biaya untuk produknya karena mereka juga membutuhkan dana untuk melindungi perangkat lunaknya dari pembajakan.Penghematan biaya dikarenakan mendapatkanya secara gratis. Berapa biaya yang perlu kita keluarkan untuk pembelian suatu produk proprietary seperti Windows, Photoshop, MS Office dan yang lain-lainnya ?
  4. Dengan menggunakan solusi berbasis Open Source, maka dapat dilakukan penghematan devisa negara secara signifikan. Kemudian dana tersebut dapat dialokasikan ke usaha-usaha untuk kesejahteraan rakyat.
  5. Dengan menggunakan open source kita dapat mengurangi tingkat pembajakan software berlisensi yang bisa merugikan vendor software dan merupakan beban moral bagi para pengguna software bajakan (crack).
  6. Dengan Open Source kita bisa mempelajari cara kerja suatu perangkat lunak, memodifikasinya, bahkan membuat produk baru dari sumber yang ada.
  7. Kita tidak perlu lagi tergantung pada suatu produk tertentu, bahkan dengan Open Source kita bisa membuat produk yang sekelas dengan perusahaan berskala raksasa seperti Microsoft.
  8. Software open source berjalan stabil dan mendukung berjalan di berbagai platform. 
  9. Hak Untuk Memodifikasi, Hal ini sangat penting karena memberikan hak kepada user untuk dapat memodifikasi dan mengembangkan software tsb. Selain itu, hal ini memunculkan kemungkinan untuk meletakan code pada hardware baru, agar dapat diadaptasi pada situasi yang berubah-ubah, dan menjangkau pemahaman bagimana sistem itu bekerja secara detail.
  10. Hak Untuk Mendistribusikan Modifikasi dan Perbaikan Pada Kode Pada kenyataannya, hak pendistribusian diakui dan merupakan hal yang umum, ini adalah hal yang berpengaruh bagi sekumpulan developer ( pengembang ) untuk bekerja bersama dalam project Open Source Software.
  11. Hampir seluruh perangkat lunak open source dimudahkan dalam proses upgrade dan gratis. seperti misalnya kita dapat dengan mudah mengupgrade versi Debian.
Selanjutnya saya akan menjelaskan kepada anda apa saja kekurangan menggunakan open source diantaranya :
  1. Kurangnya dukungan support, karena belum cukup memasyarakat, maka dukungan support juga masih cukup sulit untuk ditemukan. Support untuk Open Source selama ini masih banyak bergantung pada Internet. Sehingga cukup menyulitkan mereka yang tidak mempunyai akses penuh pada Internet.
  2. Pandangan bahwa Open Source adalah gratis dan tidak bisa membaa manfaat bisnis sangat menghambat para pebisnis yang akan terjun di Open Source. Kurangnya dukungan dari pebisnis ini membuat Open Source tidak bisa mempromosikan dirinya secara baik dan ini secara tidak langsung membuat pengenalan Open Source menjadi lebih lambat.
  3. Masih banyak orang yang beranggapan Open Source susah untuk dipergunakan, padahal perkembangan Open Source belakangan ini sudah cukup pesat dan bahkan dalam beberapa hal terkadang mampu menggungguli produk closed source. Kesalah pahaman ini bisa terjadi karena kurangnya promosi akan Open Source.
  4. Kurangnya dukungan vendor, Harus diakui, masih cukup banyak vendor – baik Hardware, Software, ataupun Game – yang belum memberikan dukungan penuh pada Open Source. Dan hal ini tentu saja cukup menghambat perkembangan Open Source.
  5. Kurangnya SDM yang dapat memanfaatkan open source, ketersediaan source code yang diberikan dapat menjadi sia-sia, jika SDM yang ada tidak dapat menggunakannya. SDM yang ada ternyata hanya mampu menggunakan produk saja, Jika demikian, maka tidak ada bedanya produk open source dan yang propriertary dan tertutup.
  6. Software open source  tidak  memiliki  garansi  dari  pihak  pengembang. 
  7. Open Source digunakan secara sharing, dapat menimbulkan resiko kurangnya diferensiasi antara satu software dengan yang lain, apabila kebetulan menggunakan beberapa Open Source yang sama.
  8. Software open source tidak begitu friendly seperti software berlesensi, atau dengan kata lain cukup sulit di mengerti. .

0 komentar:

Posting Komentar