Dari : Situs Alfi Wahasa's Source: Mari Kita Berlomba-lomba Dalam Kebajikan, Yuk!
Ged a Widget
Jumat, 17 Mei 2013

Mari Kita Berlomba-lomba Dalam Kebajikan, Yuk!

Sebagaimana yang kita ketahui di kalangan orang iman itu ada tiga golongan, golongan yang pertama adalah golongan orang-orang yang berlomba-lomba dalam kebaikan ( fastabiqul khoirot ) , golongan yang kedua adalah golongan orang-orang yang muqtasidun ( sedang ), golongan yang ketiga adalah golongan orang-orang yang dholimu linafsih ( menganiaya diri sendiri ). Tentu kita tidak mau menjadi golongan yang kedua bahkan golongan yang ke tiga, sebab golongan yang kedua di akhirat pada hari hisaban akan menemui hisaban yang sulit apalagi golongan yang ketiga akan mampir dulu masuk neraka. Keutamaan golongan yang berlomba-lomba dalam kebaikan adalah dia akan melewati jembatan di atas jahanam seperti kilat. Akan sangat cepat tanpa hisaban yang bertele-tele langsung sampai masuk surga.
Berikut adalah firman Allah yang memerintahkan kita untuk berlomba-lomba dalam kebajikan:
Surat Al-Baqarah 148
Terjemahan
Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”


Kandungan  ayat
  • Masing-masing umat memiliki kiblatnya sendiri
  • Kiblat umat Islam; yang pertama adalah Masjidil Aqsa di Palestina dan sekitar 17 bulan setelah Hijrah, arah kiblat menjadi ke Ka’bah di Masjidil Haram di kota Makkah yang merupakan kiblat kedua dan berlaku hingga akhir jaman.
  • Perintah Allah untuk berlomba-lomba dalam kebaikan
  • Di manapun manusia berada, kelak seluruh manusia akan dikumpulkan di padang mahsyar untuk mempertanggungjawabkan seluruh amal perbuatannya
  • Allah Maha kuasa atas segala sesuatu


Perilaku Yang Mencerminkan Berlomba-lomba Dalam Kebajikan
  • Berkompetisi dalam amal kebaikan
  • Menjauhi semua larangan Allah
  • Giat beribadah
  • Berhati-hati dalam bertindak karena sekecil apapun yang kita lakukan akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah


Penjelasan
Sebuah amal dikatakan hasan jika di niati ikhlas karena Allah, pengertian dari berlomba-lomba dalam kebaikan disini adalah berlomba dalam mencari kebaikan yang diridhai oleh Allah. Sebagai manusia ciptaan Allah sudah sepantasnya kita untuk berlomba dalam mencari karuniaNya, dan untuk mencari karuniaNya salah satunya adalah dengan berbuat kebaikan sebanyak-banyaknya guna untuk bekal di hari akhir nanti.
Allah berfirman: "Hai anak Adam, luangkan waktu untuk beribadah kepada-Ku,niscaya Aku penuhi dadamu dengan kekayaan dan Aku menghindarkan kamu dari kemelaratan. Kalau tidak, Aku penuhi tanganmu dengan kesibukan kerja dan Aku tidak menghindarkan kamu dari kemelaratan" (HR.Tirmidzi dan ibnu majah).

Begitu pentingnya berbuat baik, dan jangan takut untuk meluangkan waktu dalam hal kebaikan. Ingatlah dunia itu hanya sementara, kelak masih akan ada hari dimana saat ini belum dapat kita lihat, belum dapat kita rasakan dan belum dapat kita mengangan-angannya. Untuk itu marilah luangkan waktu walau sejenak untuk kembali berbuat baik kepada sesama ataupun kepada semua makhluk ciptaan Allah.

Sekian dari saya dan Wassalamu’alaikum…



0 komentar:

Posting Komentar